Minggu, 22 April 2012

2.3. Nyatakan Misi Pribadimu


    Jadi, kalau begitu penting untuk memiliki tujuan akhir, bagaimana caranya dong? Cara terbaik yang saya temukan adalah menulis sebuah pernyataan misi pribadi adalah seperti kepercayaan pribadi atau moto pribadi yang menyatakan seperti apa hidupmu. Pernyataan misi pribadi adalah seperti cetak biru kehidupanmu. Negara-negara punya konstitusi, yang berfungsi seperti pernyataan misi. Dan kebanyakan perusahaan, seperti Microsoft dan coca-cola, punya pernyataan misi. Tetapi saya pikir paling baik adalah pernyataan misi manusia.
    Jadi, mengapa kamu tidak menulis pernyataan misi pribadimu sendiri? Banyak remaja yang telah menulisnya. Seperti yang akan kamu lihat nanti, macam dan ragamnya banyak. ada yang panjang dan ada juga yang pendek. Ada yang seperti sajak dan ada pula yang seperti lagu. Ada remaja yang menggunakan kutipan kegemarannya sebagai pernyataan misi. Yang lain menggunakan gambar atau foto.

Contoh Misi Pribadi 

Coba saya sampaikan pernyataan misi beberapa teman remaja untuk kamu.
Yang pertama ini dikontribusikan oleh seorang remaja bernama Beth Heaire:

Yang pertama dan terutama, aku akan selalu
Tetap setia kepada Tuhan.
Aku takkan meremehkan kuasa kesatuan keluarga.
Aku takkan menelantarkan seorang sahabat sejati, tetapi
Aku juga akan meluangkan waktu untuk diriku sendiri.
Aku akan menyeberangi jembatan-jembatanku
Seperti ketika aku semula mendatangiku
(memecah belah dan menaklukan)
Aku akan memulai segala tantangan dengan
Optimisme ketimbang keraguan.
Aku akan selalu memelihara citra diri yang positif
Serta harga diri yang tinggi, mengetahui bahwa segala
Niatku dimulai dengan pemeriksaan diri.


Pernyataan Misi:
  • Percayalah kepada dirimu sendiri dan orang-orang disekelilingmu
  • Bersikaplah yang baik, sopan, dan hormat terhadap semua orang.
  • Tetapkanlah sasaran-sasaran yang bisa dicapai.
  • Jangan pernah melupakan sasaran-sasaran tersebut.
  •  Jangan pernah tidak menghargai hal-hal sederhana dalam hidup ini.
  • Hargailah perbedaan orang lain dan pandanglah perbedaan mereka sebagai keuntungan yang besar.
  • Banyaklah bertanya
  • Berusahalah setiap harinya untuk mencapai interdependensi (saling bergantung dengan orang lain)
  • Bicaralah dengan perbuatan, bukan sekedar perkataan.
  • Luangkanlah waktu untuk membantu mereka yang kurang beruntung dibandingkan dirimu sendiri atau mereka yang sedang mengalami naas.

Bacalah pernyataan misi pribadimu setiap harinya. 

Sumber: The 7 HABITS of Highly Effective TEENS, Sean Covey.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar