Minggu, 22 April 2012

7.4. Yang Terpenting Adalah Perasaanmu, Bukan Bagaimana Penampilanmu

Tetapi hati-hati ya. Dalam upaya memiliki tubuh yang lebih baik, pastikanlah kamu tidak terobsesi dengan penampilan. Seperti yang mungkin telah kamu perhatikan, masyarakat kita kan selalu memperhatikan “penampilan”. Untuk membuktikannya, coba saja kamu jalan ke toko kelontong manapun, dan lihatlah orang-orang sempurna yang mengagumi sampul-sampul hampir setipa majalah. Kamu jadi di ingatkan tentang semua ketidak-sempurnaan fisikmu, bukan?
Ketika masih kecil, saya sangat sadar akan pipi saya yang gemuk. Ayah saya bilang bahwa ketika lahir, pipi saya begitu gemukya sehingga dokter tidak tahu harus memukul yang mana. Saya ingat sekali seorang cewek tetangga pernah mengolok soal pipi saya. Adik saya, David, mencoba membela saya dengan mengatakan bahwa pipi saya itu banyak ototnya. Ternyata jadi bumerang, dan saya dijuluki si “Pipi Berotot”.


Di kelas delapan, Ayah saya menyuruh saya mendaki gunung agar saya lebih tangguh. Produk sampingan yang tidak di duga adalah pipi saya tidak gemuk lagi. Tetapi, dengan bertambahnya usia, saya semakin sadar akan banyak lagi hal lainnya lagi, seperti tidak punya senyum sempurna seperti beberapa teman saya atau jerawat yang lagi-lagi muncul seperti kebiasaan buruk yang susah hilangnya.

Sebelum kamu membandingkan dirimu dengan para cewek dan cowok di sampul majalah Cosmopolitan dan Muscle and Fitness, dan mulai membenci tubuh serta penampilanmu, ingatlah bahwa ada ribuan remaja sehat dan bahagia yang tidak punya tulang pipi yang tinggi, atau otot-otot kekar yang menonjol. Ada banyak penyanyi sukses, pembawa acara obrolan, penari, atlit, aktor, dan aktris, yang punya segala macam ketidaksempurnaan fisik. Kamu tidak perlu pakai steroid atau melakukan pembesaran dada untuk bisa bahagia. Kalau kamu tidak punya “tampang”atau tipe tubuh yang di cap masyarakat kita sebagai “ideal”, memangnya kenapa? Toh yang sekarang ini populer bisa jadi berubah besok.

Yang penting adalah merasa sehat secara fisik --- dan bukannya penampilan. Oprah Winfrey, pembawa acara obrolan, paling tepat mengungkapkannya: “Kamu harus merubah persepsimu. Persoalannya bukanlah bobot tubuh --- melainkan merawat dirimu sendiri setiap harinya”.

Sumber: The 7 HABITS of Highly Effective TEENS, Sean Covey.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar