Minggu, 22 April 2012

7.1. Rawatlah Tubuhmu


Saya benci tahun-tahun yunior saya di sekolah menengah. Saya merasa kikuk. Saya tidak pasti siapa saya dan bagaimana caranya bersikap. Dan tubuh saya mulai mengalami perubahan-perubahan aneh. Saya ingat hari pertama saya dalam pelajaran olahraga. Saya baru pertama kali membeli pakaian olahraga tetapi tidak tahu bagaimana memakainya. Dan kami cowok-cowok begitu malu melihat satu  sama lain telanjang untuk pertama kalinya, sehingga kami semua tertawa geli.

Selama kamu remaja, suaramu akan berubah, hormon-hormonmu akan merajalela, dan otot-otot akan mulai bermunculan. Selamat datang ke tubuhmu yang baru!


Sebenarnya, tubuhmu yang terus berubah ini merupakan mesin yang luar biasa. Kamu bisa menanganinya hati-hati atau kamu bisa merusaknya. Kamu bisa mengendalikannya atau dikendalikan olehnya. Singkatnya, tubuhmu adalah alat, dan kalau kamu merawatnya, ia akan melayanimu dengan baik.

Berikut ini adalah sepuluh cara untuk merawat tubuh:
1.       Makan makanan yang sehat                         6. Latihan yoga
2.      Rileks dalam bak mandi                                 7. olahraga
3.      Bersepeda                                                        8. Jalan-jalan
4.      Angkat barbel                                                  9. Merentangkan tubuh
5.      Tidur yang cukup                                           10. Aerobik

Empat unsur kunci untuk tubuh yang sehat adalah kebiasaan tidur yang baik, relaksasi fisik, gizi yang baik, dan olahraga yang teratur.

Sumber: The 7 HABITS of Highly Effective TEENS, Sean Covey.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar